Badan hukum : No. 24 / BH / DK. UKM / 24.13 / VIII / 2006. Tanggal 12 Agustus 2006.
Jl. HTI No. 9 Kelurahan Maulafa (Belakang Kantor Camat Maulafa), 0380-838378, 838376, 838389

Monday, April 9, 2012

Tentang Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Ranaka

Sejarah Berdirinya
Koperasi Simpan Pinjam Ranaka didirikan pada tanggal 04 Nopember 2005 oleh 5 (lima) orang anggota, yaitu Bapak Jemari Yoseph Dogon, SE, Bapak Drs. Raimundus Yanuarius Apul, Bapak Marthen Haman, Bapak Drs. Onduk Fabianus dan Bapak Drs. Martinus Darmosi Dogon. Ide ini muncul dari permenungan bahwa orang Manggarai di Kupang, seharusnya memiliki wadah pemersatu untuk kesejahteraan ekonomi yaitu koperasi. Gagasan ini dinyatakan melalui rapat pembentukannya pada tanggal 04 Nopember 2005 bertempat dirumah Bapak Yoseph Dogon, SE. Jenis koperasi yang disepakati adalah Koperasi Simpan Pinjam (KSP) dan diberi nama Ranak oleh Ir. Sabinus Kantus yang saat itu dipilih sebagai Ketua Badan Penasehat KSP Ranaka oleh peserta rapat yang hadir sebanyak 43 orang. Nama Ranak diambil dari nama gunung yang tertinggi yang ada di Kabupaten Manggarai.


Koperasi ini sudah berbadan hukum dari pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Koperasi dan UKM Kota Kupang dengan nomor : 24/B/DK.UKM/24.13/VIII/2006 tanggal 12 Agustus 2006. Selanjutnya pada tanggal 28 Mei 2009, KSP Ranaka mengajukan permohonan kepada Dinas Koperasi Propinsi agar KSP Ranaka menjadi Koperasi Primer Tingkat Propinsi dan disetujui melalui Surat Keputusan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI No. 01/PAD/BH/XXIX/VII/2009 tanggal 31 Juli 2009 tentang Akta Perubahan Anggaran Dasar KSP Ranaka yang ditandatangani oleh Gubernur NTT.

Mulai saat itu, keanggotaan KSP Ranaka terbuka untuk umum khususnya masyarakat NTT (tentu dengan persyaratan yang ada) dan bukan untuk orang Manggarai saja.

Sejak berdirinya sampai dengan saat ini, kantor KSP Ranaka menggunakan rumah milik Bapak Jemari Yoseph Dogon, SE dengan alamat RT. 12 / RW. 04 Kelurahan Maulafa (belakang Kantor Camat Maulafa) Kota Kupang tanpa dipungut biaya sewa. Kurang lebih 4 (empat) tahun berjalan, maka pada tanggal 24 Desember 2009, KSP Ranaka mampu membeli sebidang tanah dengan ukuran luas 850 M alamat jalan Fetor Foenay arah menuju BTN Kolhua Kota Kupang, yang dibeli dari Bapak Drs. Yakobus Douk yang juga merupakan anggota sekaligus sebagai salah satu penasehat KSP Ranaka.

Pada tanggal 21 Januari 2011 dilakukan pemberkatan batu pertama pembangunan gedung kantor KSP Ranaka oleh Pater Paul Ngganggung, SVD dan melakukan peletakan batu pertama oleh Wakil Gubernur NTT, Ir. Eston Foenay, M.Si.

Pada tanggal 01 Agustus 2011 mulai dilaksanakan pembangunan gedung kantor kantor KSP Ranaka 3 (tiga) lantai dengan fungsi pembangunan ruang yaitu lantai 1 (satu) untuk toko keperasi (Coop Mart) untuk melayani kebutuhan sembako bagi anggota, lantai 2 (dua) untuk manager dan karyawan, dan lantai 3 untuk Penasehat, Pengurus, dan Pengawas.

Visi dan Misi

Visi :
Terwujudnya Koperasi Simpan Pinjam Ranaka diwilayah Propinsi Nusa Tenggara Timur sebagai lembaga ekonomi kerakyatan yang profesional, mandiri, dan terpercaya dalam melayani kebutuhan anggota untuk kesejahteraan anggota.

Misi :
  1. Meningkatkan kemampuan KSP Ranaka melalui upaya peningkatan jumlah anggota dan pemodalan.
  2. Meningkatkan kualitas dan profesionalitas KSP Ranaka melalui penguatan kapasitas manajemen, mutu pelayanan dan SDM yang handal, bersih, dan jujur berdasarkan nilai-nilai luhur koperasi.
  3. Meningkatkan kepercayaan anggota dan masyarakat melalui sistem informasi yang terbuka dan transparan serta meningkatkan kapasitas lembaga melalui penguatan jaringan dengan pihak-pihak lain baik internal gerakan koperasi maupun pihak luar.
  4. Melakukan pembukaan kantor cabang di beberapa Kabupaten di NTT, khususnya di Labuhan Bajo (Manggarai Barat), Ruteng (Manggarai), dan Borong (Manggarai Timur).
  5. Melakukan pertemuan rutin bulanan untuk anggota sebagai salah satu bentuk pendidikan perkoperasian bagi anggota.

Keunggulan KSP Ranaka
Sejak berdirinya sampai dengan saat ini KSP Ranaka tidak memiliki piutang macet (piutang macet = 0%).

Sistem Administrasi dan Pembukuan
Sistem administrasi dan pembukuan KSP Ranaka menggunakan standar keuangan akuntansi koperasi dan bersifat sangat transparan yaitu setiap bulan anggota berhak mendapatkan laporan keuangan lengkap dengan dengan neraca dan perhitungan laba/rugi.

Aset.
Aset koperasi simpan pinjam ranaka sampai dengan 31 Desember 2011 adalah 2,1 milyar.

Manfaat dan keuntungan.
  1. Manfaat dan keuntungan menjadi anggota KSP Ranaka adalah :
  2. Simpanan anggota aman karena sistem penjamin dan mendapat jasa pada akhir tahun buku yaitu jasa simpan dan jasa usaha dalam bentuk SHU (Sisa Hasil Usaha).
  3. Pelayanan pinjaman hanya diperuntukkan bagi anggota KSP Ranaka untuk 3 (tiga) jenis pinjaman, yaitu : Pinjaman Produktif, Pinjaman Investasi, dan Pinjaman Konsumsi.
  4. Melayani dengan tepat, cepat, mudah, dan murah.
  5. Anggota setiap bulan dapat mengetahui kinerja kerja KSP Ranaka melalui laporan keuangan yang disajikan secara terbuka dan transparan.
  6. Melalui dana jaminan pinjaman (DJP), para ahli waris anggota yang meninggal dunia tidak menanggung utang.
  7. Anggota saling mengunjungi satu sama lain melalui pertemuan rutin bulanan yang telah ditetapkan setiap bulan dirumah anggota.

Syarat Menjadi Anggota KSP Ranaka
  1. Menyerahkan foto copy KTP yang masih berlaku.
  2. Mempunyai pendapatan.
  3. Bersedia menyetor Simpanan Pokok (SP) sebesar Rp. 1.000.000,- yang dapat dicicil selama 10 bula atau Rp 100.000,-/, Simpanan Wajib (SW) Rp. 20.000,-/bulan, Simpanan Wajib Khusus (SWK) sebesar 1% dari besarnya pinjaman yang disetor pada saat pinjam, Simpanan Investasi (SI) Rp. 1.000.000,- (yang dicicil selama 20 bulan atau Rp. 50.000,-/bulan), dan menyetor Dana Jaminan Pinjaman (DJP) atau Cadangan Resiko sebesar 1% dari nilai pinjaman yang dipotong langsung pada saat pinjam.
  4. Bersedia menyetor Simpanan Sukarela (SS) sebesar minimal Rp. 150.000,- pada saat masuk menjadi anggota dengan jasa 7% per tahun.
  5. Berdomisili di Kota Kupang atau wilayah NTT dengan bukti KTP dan memiliki rumah atau pondok diatas tanah milik sendiri.
  6. Bersedia mengikuti pertemuan pada minggu ke IV (empat) setiap bulan untuk transaksi penyetoran simpanan dan pinjaman.
  7. Bersedia mengajak anggota baru dengan sistem jaringan keluarga dan diberi biaya transport (biaya sosialisasi) bagi anggota lama.

Persyaratan Pinjaman Pada KSP Ranaka
  1. Mengajukan permohonan pinjaman yang harus ditandatangani oleh pemohon diketahui oleh suami/istri/saudara dan ditandatangani minimal oleh 2 (dua) orang penjamin yang adalah anggota aktif KSP Ranaka atau jumlah penjamin disesuaikan dengan besarnya nilai pinjaman yang diajukan dengan ketentuan sebagai berikut : Pinjaman 5 s/d 10 juta : 2 orang penjamin, pinjaman s/d 15 juta : 3 orang penjamin, pinjaman s/d 20 juta : 4 orang penjamin, pinjaman s/d 25 juta : 5 orang penjamin.
  2. Besarnya pinjaman yang diajukan harus disesuaikan dengan kemampuan pengembalian pinjaman setiap bulan.
  3. Besarnya pinjaman yang diberikan kepada anggota yaitu minimal 3 (tiga) kali dan maksimal 5 (lima) kali besarnya simpanan anggota (SP, SW, SWK, SS, dan SI) atau sesuai keputusan Rapat Anggota Tahunan (RAT).
  4. Apabila peminjam menunggak cicilan pokok dan bungan selama 7 (tujuh) hari dari tanggal jatuh tempo setiap bulan, maka simpanan anggota yang bersangkutan dapat dicairkan sebesar tunggakannya dan apabila masih kurang, maka ditambah dengan simpanan para penjamin.
  5. Jangka waktu pinjaman yang diberikan 6 (enam) sampai 36 (tiga puluh enam) bulan dengan bunga pinjaman 1% flat (tetap) per bulan atau sesuai dengan kesepakatan Rapat Anggota Tahunan (RAT).
  6. Pinjaman diterima tunai oleh anggota setelah dipotong biaya profisi 1%, biaya administrasi 0,5%, Setoran Wajib Khusus (SWK) 1%, dan biaya DJP (Dana Jaminan Pinjaman) 1%.
  7. Penjamin boleh menandatangani permohonan dari peminjam apabila peminjam sudah menyerahkan jaminan berupa sertifkat tanah, emas, dan surat kendaraan bermotor (roda dua, roda empat), serta barang elektronik dan barang meubeler (kursi, sofa, dll) yang masih layak pakai untuk diserahkan kepada penjamin. Semua barang jaminan tersebut harus atas nama peminjam dengan nilai 50% lebih besar dari nilai pinjaman.
  8. Anggota yang meminjam harus melunasi kewajiban dengan membayar pokok dan bunga yang dicicil setiap bulan sesuai dengan surat perjanjian pinjaman dan surat pengakuan hutang.
  9. Bagi anggota luar biasa yang berumur 17 tahun kebawah atau tidak memenuhi persyaratan menjadi anggota pada point 2 (dua), tidak memiliki hak pinjam tetapi hanya memiliki hak simpan (menabung).

Susunan Penasehat, Pengurus, dan Pengawas Periode 2009-2013
Penasehat
Penasehat Rohani, Periode 2009-2013 :
  1. Pater Paul Ngganggung, SVD
  2. Pater Yulius Yasinto, SVD
  3. Pater Tiburtius Denggor, SVD

Penasehat Jasmani, Periode 2009-2013 :
Ketua
: Ir. Sabinus Kantus
Wakil Ketua
: Drs.  Gaspar Parang Ehok
Anggota
: Paulus Kedaru, Aleksius Sius, Drs. Yakobus Douk, Drs. Anton St. Abut, Drs. Yohanes Djemalu, Drs. Saverius Banggung, Drs. Nikolaus Leba, Stef Soetomo, SH, Drs. Vitus Luru, dan Drs. Dorteus Djeha.
Karena ketua penasehat jasmani dan 2 orang anggota penasehat jasmani lainnya meninggal dunia, maka komposisi penasehat jasmani adalah sebagai berikut :
Ketua
: Drs. Gaspar Parang Ehok
Wakil Ketua
: Drs. Saverius Banggung
Anggota
: Aleksius Sius, Drs. Anton St. Abut, Drs. Yohanes Djemalu, Drs. Saverius Banggung, Drs. Nikolaus Leba, Stef Soetomo, SH, Drs. Vitus Luru, dan Drs. Dorteus Djeha.

Pengurus
Ketua
: Jemari Yoseph Dogon, SE
Wakil Ketua
: Drs. Onduk Fabianus
Sekretaris I
: Marthen Haman
Sekretaris II
: Ir. Maksimus Gurang
Bendahara
: Drs. Raimundus Yanuarisu Apul

Pengawas
Ketua
: Drs. Sabinus Hatul, MM
Wakil Ketua
: Drs. Anton Ugak, Msi
Sekretaris
: Drs. Alex Jewarus

Karyawan
Pengelolah usaha simpan pinjam adalah :
Manager
: Agustinus Suciadi, SE
Tenaga Operasional
: Maksi Menjang, SE
Tenaga Administrasi
: Patris Seran, A.Md

1 comment:

  1. Informasi tentang koperasi bapak sangat bermanfaat bagi saya. bolehkah saya tahu no.telp koperasi RANAKA ? saya berkeinginan untuk berkunjung dan belajar dari koperasi bapak. terima kasih
    Nining # Jkt

    ReplyDelete

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi 085239038121